ULANGAN HARIAN TLJ

Nama: AHMAD KHATIB ALFAUZI
KELAS : XII TKJ 1
SOAL
1.Sebutkan Perbedaan SIP request dan SIP server ?
2. Jelaskan kan hubungan firewall dengan jaringan VoIP ?
3. Jelaskan Tujuan Perintah Pada SIP ?
4. Sebutkan dan jelaskan Komponen atau unsur-unsur standar pada SIP ?
5. Sebutkan fungsi Firewall jaringan VoIP ?
6. Apakah yang dimaksut stateful inspeksi ?
7. Jelaskan pengertian dial up ?
8. jelaskan prinsip kerja VoIP ?
9. Jelaskan cara kerja VoIP ?
10. Jelaskan yang dimaksut dengan Ip Telpon ?
11. Apa fungsi dari dial up ?
12. Bagaimanakah cara kerja SDSL ?
13. Sebutkan kerugian menggunakan  SDSL ?
14. Sebutkan keuntungan menggunakan  SDSL ?
15. Apa fungsi media server ?
                                      JAWABAN
1.Sip server merupakan sebuah aplikasi yang menerima

Sip request dan memberikan respon terhadapnya

2. .firewall untuk melindungi pc dari serangan dari luar melalui TCP ataupun UDP sedangkan VoIP adalah Voice over IP jadi firewall harus mengijinkan IP asing agar bisa menggunakan VoIP

3.Tujuh perintah pada SIP adalah
- INVITE merupakan perintah untuk mengundang pengguna untuk panggilan.

- ACK atau Acknowledgement merupakan perintah yang digunakan untuk memfasilitasi pertukaran pesan pada perintah INVITE.

- BYE merupakan perintah untuk menghentikan hubungan antara pengguna.

- CANCEL merupakan perintah untuk menghentikan permintaan atau mencari permintaan untuk seorang pengguna. Perintah ini digunakan jika klien mengirimkan perintah INVITE dan merubah keputusannya untuk memanggi penerima.

- OPTION merupakan perintah untuk mengumpulkan sejumlah informasi tentang kemampuan sebuah server.

- REGISTER merupakan perintah untuk egister lokasi pengguna saat ini.

- INFO merupakan perintah yang digunakan pada pertengahan sesisignaling.

4.Unsur – unsur standart SIP :

· User Agent : agen pengguna berada di setiap stasiun akhir SIP.

· Redirect Server : untuk menentukan alamat selama inisialisai.

· Proxy Server : identitas perantara yang bertindak baik sebagai server dank lien untuk tujuan membuat permintaan atas nama klien lainnya.

· Paniter : server yang menerima permintaan Register dan menempatkan informasi yang diterimanya.

· Lokasi layanan : layanan lokasi yang digunakan oleh redirect SIP atau sever proxy untuk mendapakan informasi tentang kemungkinan lokasi yang dituju.

5.Fungsi jaringan Firewall pada Voip
Firewall di VoIP bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam mencegah semua jenis hacking. Menjaga informasi rahasia dan berharga agar tidak keluar tanpa diketahui oleh pengguna. Untuk memodifikasi paket data yang datang melalui Firewall dan mengontrol paket data,menimalkan peluang ancaman,merekam lalu lintas.

6.stateful inspeksi  adalah teknologi firewall yang memantau keadaan koneksi aktif dan menggunakan informasi ini untuk menentukan paket jaringan mana yang diizinkan melalui firewall. suatu firewall yang mempunyai kemampuan menganalisa dan mengatur paket-paket berdasarkan state-state dari koneksinya.

7.Dial-up adalah suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yaitu merupakan sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon.

8.Prinsip kerja teknologi VoIP yaitu dengan cara mengubah suara yang diperoleh dari speaker dari komputer yang berupa suara analog menjadi bentuk paket data digital. Suara dari PC ini kemudian dilanjutkan melalui ADSL modem untuk dikirimkan pada jaringan internet. Dalam proses ini paket data digital yang dikirimkan bisa diterima oleh media yang sama. Selain itu, proses pengiriman paket data digital ini bisa menggunakan telepon dan dilanjutkan pada phone adapter untuk disambungkan ke internet dan dikirimkan pada telepon tujuan.

9. Cara kerja voip adalah:
  • Pertama, VOIP akan mengubah suara analog yang didapat dari speaker komputer menjadi paket data digital.
  • Selanjutnya, dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama.
  • Atau bisa juga melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
  • Untuk pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter).
  • Kemudian, distransmisikan dan dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter).
  • Begitu juga dengan VOIP, digitalisasi voice dalam bentuk paket data dikirimkan dan dipulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima.
  • Format digital lebih mudah dikendalikan. Dalam hal ini dapat dikompresi dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise dari pada analog.
10.IP Phone adalah telepon yang menggunakan suara melalui IP teknologi yang memungkinkan panggilan telepon yang akan dilakukan melalui jaringan IP, seperti internet, bukan seperti biasa melalui PSTN. Panggilan dapat melintasi Internet, atau Jaringan IP pribadi seperti yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

11.Fungsi Dial-up yaitu untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet dengan menggunakan saluran telepon. Dial-up sangat sangat mudah untuk digunakan dan lebih praktis, kita bisa menggunakannya dimana saja asalkan telepon yang digunakan dapat terkoneksi dengan internet.

12. Cara kerja SDSL yaitu SDSL menggunakan frekuensi digital dalam perjalanan lintas telepon untuk mengirim dan menerima data. Bila menggunakan saluran telepon untuk SDSL, line telepon dan faks harus dihentikan. Oleh karena itu line khusus, atau tambahan diperlukan untuk layanan SDSL. Ini berbeda dari ADSL, yang “menyisakan ruang” untuk kedua peralatan telepon analog standar dan sinyal digital, sehingga seseorang dapat berbicara di telepon atau menggunakan mesin fax saat online.

13.Kerugian menggunakan SDSL
.-jika tidak menggunakan sistem anti petir (grounding -red) yang baik maka akan boros modem (terkena petir terus).
-Kabel diputus orang lain.
-  Modemnya lebih mahal dari modem ADSL.
- Hanya dapat digunakan pada saluran sepanjang 10 kft.

14 . Keuntungan menggunakan SDSL yaitu
-Bandwidth yang disalurkan simetrik dalam artian kecepatan upload dan download sama sesuai paket layanan yang pelanggan pilih sebelumnya.
-Delay rendah.
-Tidak bergantung dan tidak menggangu pada saluran telepon yang ada.
- Sistem point to point antara ISP dengan Pelanggan, sehingga secara teknis bandwidth tidak terbagi (ini juga tergantung kebijakan dari ISPnya).

15.Media server bisa diakses oleh semua perangkat yang berada pada jaringan yang terhubung dengan media server tersebut. Media server bertugas sebagai media yang mengolah aset digital (DAM) yang menggunakan NAS sebagai media penyimpanan dan web server sebagai interface yang digunakan untuk bertinteraksi dengan user

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TENTANG PROXY SERVER

MAKALAH PROXY SERVER DAN LATIHAN SOAL

LATIHAN SOAL TLJ