MAKALAH PROXY SERVER DAN LATIHAN SOAL

                                        MAKALAH
                                        tentang: 
                   Mengevaluasi proxy server
                



                                    Disusun oleh:
                    Nama :ahmad khatib alfauzi
                                   Kelas: XII tkj 1

                             Alamat sekolah: Jl.
        Saradan RT.03 RW.01. Kel. Pangkat, Kec.
                Jayanti Kab. Tangerang- Banten 


     
 
                               KATA PENGANTAR
 Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena telah memberikan kesempatan pada saya untuk menyelesaikan makalah ini. Atas rahmat dan hidayah-Nya lah saya dapat menyelesaikan makalah berjudul [Proxy server] tepat waktu.
Makalah [proxy server] disusun guna memenuhi tugas [guru] Selain itu, saya juga berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan bagi pembaca tentang [proxy server].
Saya menyadari makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan penulis terima demi kesempurnaan makalah ini.
                                                    tangerang 7 agustus
                                                                     Khotibs

                                  DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................................................ 1
DAFTAR ISI ......................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................................... 3
BAB II PENGERTIAN PROXY SERVER DAN FUNGSI,CONTOHNYA
....................................................................................................... 4
BAB III PROXY SERVER ..................................................................................................... 5
BAB IV PENUTUP DAN KESIMPULAN  ..................................................................................................... 5
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................... 6
                                     BAB 1

                            PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah Proxy server merupakan sebuah komputer server atau program yang digunakan untuk menangani permintaan dari client untuk melakukan request terhadap konten-konten yang terdapat di internet. Aplikasi proxy server yang banyak dipakai adalah Squid. Squid merupakan aplikasi proxy server yang dapat digunakan sebagai firewall, proses caching, pengendalian bandwidth dan lain-lain. Dengan adanya teknologi proxy server, pembatasan kuota dan kecepatan akses internet dapat ditangani, karena didalamnya terdapat sistem caching. Apabila user pertama telah melakukan request ke server luar untuk kedua kali dan seterusnya request hanya langsung kepada komputer proxy, itulah yang dimaksud dengan caching. Proxy server adalah sistem komputer yang berada ditengah-tengah client dan server luar.  

                                     BAB 2

                  PENGERTIAN PROXY SERVER


     Apa itu proxy server? Pengertian Proxy Server atau peladen pewali adalah suatu server komputer yang menyediakan layanan untuk meneruskan permintaan user ke server lainnya yang berada di internet. Dengan adanya proxy server maka sebuah komputer bisa dihubungkan dengan komputer lainnya melalui internet.

Pada umumnya proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Jadi, dari proxy server tersebut maka biasanya server diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi client, dimana aplikasi client berupa web browser, client FTP dan lainnya sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.

cara kerja proxy server

Setelah memahami pengertian proxy server, tentunya kita juga perlu mengetahui bagaimana prinsip cara kerja proxy server dan mengapa suatu proxy dibutuhkan.

Dari pengertian proxy server di atas kita tahu bahwa proxy server berperan sebagai penghubung komputer dengan internet, maka cara kerja program ini yakni user menggunakan layanan pada server proxy kemudian melakukan permintaan data atau file yang terdapat di internet (public server). Selanjutnya proxy akan meneruskan permintaan tersebut ke internet dengan seolah-olah server tersebutlah yang memintanya.

cara kerja proxy server

Jika pengguna sudah mendapatkan permintaannya proxy akan memberi respon kepada user dimana seolah dia yang menjadi public servernya. Pada intinya di sini server proxy dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang atau perusahaan.

Fungsi Proxy Server

Dari penjelasan tentang pengertian proxy dan cara kerjanya tersebut, maka berikut ini 3 fungsi utama server proxy yang harus diketahui:

1. Fungsi Connection Sharing

Disini server proxy berfungsi secara teknis untuk menjadi sebuah gateaway dimana berperan untuk membatasi penggunaan jaringan lokal dan jaringan luar.

Sehingga jika jaringan komputer perusahaan menanamkan program server proxy maka dapat mengakses sambungan gateway dari jaringan lokal ke jaringan internet secara bersamaan.

2. Fungsi Filtering

Dalam fungsi ini, server proxy bertindak seperti Firewall sebagai media penyaringan atau filtering sebuah jaringan internet dimana setiap paket-paket data yang ditransmisikan akan discan dan difilter untuk mengurangi kegagalan.

Tujuan lainnya juga untuk melindungi jaringan lokal perusahaan dari serangan luar seperti retasan. Selain itu server proxy juga dapat membantu meminimalisir serangan virus dan malware yang merugikan.

3.fungsi caching

Adanya server proxy dapat menyimpan objek dan data yang pernah di search atau diminta user saat browsing menggunakan aplikasi internet. Misalnya ketika Anda melakukan pencarian pada situs tertentu maka data-data tersebut akan disimpan dalam bentuk cache.
Semua data yang diminta dan diakses akan disimpan pada proxy server. Sehingga dari fungsi ini bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi dokumen-dokumen apa saja yang sering diakses di komputer perusahaan.
Manfaat proxy server
Selain dari ketiga fungsi utama diatas, penggunaan server proxy juga memiliki manfaat berikut ini untuk user:
1.menghemat bandwidth
Proxy server bisa dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan bandwith dari koneksi internet user karena adanya proses caching yang menyimpan cookies dari situs-situs yang pernah dikunjungi.
2.meningkatkan kinerja internet
Proxy server dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan internet user karena adanya penghematan bandwith.
3.memblokir situs tertentu
Proxy server dapat secara otomatis memblokir situs-situs yang mengandung sara atau situs yang tidak diinginkan dengan adanya fitur filtering. Sehingga dengan manfaat ini bisa menghindari karyawan membuka situs-situs terlarang melalui jaringan internet lokal perusahaan.
4.keamanan jaringan komputer

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel, proxy server dapat meningkatkan keamanan komputer dari serangan virus dan gangguan malware.

Meskipun proxy bermanfaat besar bagi keamanan jaringan komputer namun masih terdapat kekurangan penggunaan proxy. Salah satunya adalah sering terjadi kesalahpahaman terhadap suatu situs yang dianggap harus diblokir oleh server sehingga perlu dilakukan pembukaan blokir secara manual.

5.Akses internet lebih cepat
Masih berhubungan dengan poin #2, proxy server dapat meningkatkan kinerja internet. Dengan begitu maka akses internet akan menjadi lebih cepat.

JENIS -JENIS PROXY SERVER

Ada empat jenis proxy server berdasarkan karakteristiknya, yaitu:

1. Anonymous Proxy (Proksi Anonim)

Ini adalah jenis proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna. Saat pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna, hanya mengetahui IP proxy nya saja.

2. High Anonymity Proxy

Ini adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original.

Proxy ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan sebuah alamat IP menuju proxy server, sehingga dari pengguna akan terlihat bahwa proxy server-nya berperan sebagai klien.

3. Transparent Proxy (Proksi Transparan)

Ini adalah jenis proxy yang melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa mengungkap informasi komputer si pengguna. Pada umumnya proxy jenis ini banyak dipakai pada komputer di perkantoran.

4. Reverse Proxy

Ini adalah jenis proxy yang digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan data/ informasi sensitif. Dan ketika caching pada proxy jenis ini diaktifkan maka trafik jaringan akan menurun.

Kegunaan Web Proxy

Web proxy merupakan komputer server yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya. Web proxy ini berfungsi untuk melakukan permintaan terhadap konten dari jaringan internet dan intranet.

Web proxy dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menyembunyikan alamat IP komputer
  • Mengakses situs yang diblokir oleh ISP
  • Memblokir akses ke situs sensitif atau berbahaya
  • Menyaring cookies yang tidak diinginkan
  • Meningkatkan keamanan dan privacy pengguna internet
                                          BAB 3
                                   PROXY SERVER
Proxy Server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet.
        Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
         Proxy server dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi dari pada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.
                                     BAB 4 
                  PENUTUP DAN KESIMPULAN
PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini
KESIMPULAN
Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer clien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server. Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.
SARAN
Apa yang ada dalam makalah ini tentunya masih jauh dari apa yang  dipahami oleh seorang yang lebih ahli mengerti proxy server, maka dari itu pengembangan diri dalam skil proxy server, penulis perlu terus mengembangkan dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran lain agar mendapatkan informasi-informasi lainya untuk menyempurnakan ilmu-ilmu pengetahuan yang sebelumnya sudah pelajari. 
                              DAFTAR PUSTAKA
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-proxy-server.html












TUGAS PILIHAN GANDA DAN ESSAY TENTANG PROXY SERVER 

Soal pilihan ganda
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan   berfungsi sebagai perantara, adalah pengertian dari…
a.       Gateway
b.      Proxy server
c.       Router
d.      Cache
2. Ada berapa fungsi utama dari proxy server…
a.       4
b.      2
c.       3
d.      1
3. Salah satu fungsi utama dari proxy server adalah….
a.      Connection sharing
b.      Cache
c.       Firewall
d.      Protocol
4. Menyimpan sementara data di internet dari penyimpanan, jika ada klien lain yang dapat mengakses  data yang sama, cukup mengambil data di cache. Adalah pengertian dari….
a.       Keamanan
b.      Drive
c.       Penyimpanan
d.      Caching
5. Proxy yang berdiri diantara alokasi web misalnya web browser dan web server atau HTTP server        adalah pengertian dari…
a.      HTTP proxy server
b.      Cache server
c.       Firewall
d.      Drive
6. Dibawah ini yang bukan manfaat dari proxy server adalah……
a.       Menghemat bandwith
b.      Menyembunyikan identitas alamat IP seseorang
c.       Meningkatkan kinerja internet
d.      Memblokir situs internet
7. Di bawah ini adalah jenis proxy server berdasarkan karakteristiknya, kecuali……
a.       Anonymous Proxy (proksi anonym)
b.      High Anonymity Proxy
c.       Reverse Proxy
d.      Sinonym Proxy
8.  Jenis proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna, berikut ini adalah                    pengertian dari……
a.       High Anonymity Proxy
b.      Reverse Proxy
c.       Anonymous Proxy (proksi anonym)
d.      Transparent Proxy (proksi transparan)
9. Pada umumnya proxy server untuk…..
A.    Merusak jaringan
B.     mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan public
C.     mengamankan jaringan komputer kelompok yang terhubung dengan jaringan public
D.    mengamankan jaringan komputer pribadi yang tidak terhubung dengan jaringan public.
10. Proxsy server diletakan pada aplikasi….
A.    Aplikasi youtube dengan apliksi facebook
B.     Aplikasi client dan aplikasi youtube
C.     Aplikasi facebook dan aplikasi server
D.    Aplikasi client dan aplikasi server
11. Aplikasi client berupa……
A.    Web dan browser
B.     Browser dan e-mail
C.     Web dan classroom
D.    Web dan e-mail
12. Pengertian Proxi menurut Wagito adalah……..
A.    server yang diletakan diantara sebuah aplikasi client dan aplikasi dan server yang dihubungi.
B.     Adalah suatu rangkaian karakter  yang dibuat dengan mengikuti standar aturan tertentu .
C.     Adalah rangakian yang disusun menurut standar forat tertentu, yang dipakai untuk mengambarkan alamat atau sumber daya dokumen seperti file, teks, dan gambar yang terdapat di jaringan internet.
D.    Adalah serangkaian karakter (dapat berupa angka, huruf, ataupun symbol )  
13. Mengapa suatu proxy server dibutuhkan…..
A.    Karena proxy server berperan sebagai penghubung CPU dan internet
B.     Karena proxy server berperan sebagai penghubung processor dengan internet
C.    Karena proxy server berperan sebagai penghubung komputer dengan internet
D.    Karena proxy server berperan sebagai penghubung internet dengan satelit
14. Disini server proxy berfungsi secara teknis untuk menjadi sebuah gateway dimana berperan untuk membatasi penggunaan jaringan local dan jaringan luar.
Kalimat diatas merupakan pengetian dari fungsi…..
A.    Fungsi  Connction Sharing
B.     Fungsi Filtering
C.     Fungsi Caching
D.    Fungsi  Connction
15. Komputer yang bertugas menyimpan informasi halaman web yang pernah diakses sebelumnya adalah ….
a. Router server
b. Web server
c. Name server
d. Proxy server
16. Kecepatan yang lebih dan tidak memerlukan konfigurasi tertentu pada pengguna-pengguna yang terhubung. Merupakan keunggulan dari…
a.       Caching
b.      Connection sharing
c.       Packet filtering
d.      Squid proxy
17. Yang bukan merupakan jenis protocol yang biasanya digunakan pada filtering adalah….
a.      OTP
b.      UDP
c.       TCP
d.      ICMP
18.  Yang bukan keuntungan proxy server adalah...
a.Suatu jaringan keamanannya terjaga, karena proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet).
b.Adanya fasilitas filtering (penyaring), baik filter untuk pengguna, content atu isi dan waktu akses.
c.Situs atau website yang telah diakses sebelumnya dapat dibuka kembali dan menjadi lebih cepat, karena akses tidak membutuhkan ke jaringan internet luar melainkan sudah ada pada direktori cache proxy.
d.Apabila sebuah proxy terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content.
19. Hal -hal yang di lakukan oleh web proxy adalah ,kecuali ....
a.Dapat menyembunyikan alamat IP address.
b.Untuk penggunaan log / audit, yaitu untuk menyediakan karyawan perusahaan pelaporan penggunaan Internet.
c.Dapat men-filter cookies yang tidak di inginkan dan seluruh cookies yang tersimpan di encrypt.
d.Dapat digunakan untuk men-blok beberapa atau sebuah websiste yang nantinya tidak dapat diakses.
20. Untuk membatasi akses - akses tertentu yang di request oleh client merupakan pengertian dari. ...
a. Filtering
b.Caching
c.Security
d.Searching
21. Untuk menginstal proxy pada linux perintah yang di gunakan adalah
a.Tar- zxvf
b.rm-r
c.Dpkg-p
d .Apt- get install squid3
22.Proxy server sebagai penghubung antara dua atau lebih network juga bisa untuk menghubungkan internet dan jaringan lokal. Yang termasuk Ip lokal kelas B yang bisa terhubung ke proxy adalah ….
a.    172.31.255.254
b.     192.168.241.6
c.     10.10.1.200
d.    9.10.110
23.Penerapan reverse proxy biasanya dilakukan untuk memblokir situs-situs tertentu agar tidak bisa diakses. Jaringan yang menerapkan jenis proxy ini adalah jaringan ….
a.    kecil
b.     besar
c.     menengah
d.    global
24.Proxy server dapat menghubungkan satu ip address public ke ip lokal yang banyak. Pernyataan ini sesuai dengan fungsi proxy server yaitu ….
a.    Cache
b.     Connection sharing
c.     Filtering
d.    Forwarding
25.IP publik yang terhubung ke proxy server memiliki range tertentu. Berikut ini adalah IP Address public untuk internet kecuali ….
a.    210.123.123.123
b.     172.17.24..56
c.     125.123.123.123
d.    125.125.123.123


Soal essay
Jawablah pertanyaan ini dengan benar!
1. Apa yang di maksud dengan proxy server?
2.Apa fungsi proxy server?
3.sebutkan cara kerja proxy server?
4.jelaskan perbedaan transparant proxy dan non transparent proxy?
5. Apa perbedaan proxy dan vpn?
6. Sebutkan keuntungan dan kelebihan proxy server?
7.sebutkan kegunaan web proxy?
8.Sebutkan jenis- jenis proxy?
9. Mengapa kita harus menggunakan proxy server?
10. Apa manfaat proxy server?


Jawaban pilihan ganda
1.b.      Proxy server
2. c .3
3. a.      Connection sharing
4.d.      Caching
5.a.      HTTP proxy server
6.b.      Menyembunyikan identitas alamat IP seseorang
7.d.      Sinonym Proxy
8.c.       Anonymous Proxy (proksi anonym)
9.b.mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan public
10.D.    Aplikasi client dan aplikasi server
11.A.    Web dan browser
12.A.    server yang diletakan diantara sebuah aplikasi client dan aplikasi dan server yang dihubungi.
13.C.    Karena proxy server berperan sebagai penghubung komputer dengan internet
14.a.      Connection sharing
15.d. Proxy server
16.c.       Packet filtering
17.a.otp
18.A.Apabila sebuah proxy terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content
19,b.Untuk penggunaan log / audit, yaitu untuk menyediakan karyawan perusahaan pelaporan penggunaan Internet.
20.a.Filtering
21.d.Apt- get install squid3
22 .a.172.31.255.254
23.a.kecil
24.b.Connection sharing
25.b.172.17.24..56

Jawaban essay
1.Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Pada umumnya proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Jadi, dari proxy server tersebut maka biasanya server diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi client, dimana aplikasi client berupa web browser, client FTP dan lainnya sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.

2.Fungsi conecting sharing
Salah satu fungsi proxy ialah sebagai connecting sharing yakni sebagai penghubung atau juga sebagai perantara pengambilan data dari suatu alamat IP serta diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.

Fungsi filtering

Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang bisa memblokir beberapa atau juga sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa dari website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy yakni sebagai filtering.

Fungsi caching

Kemudian fungsi dari proxy yang lainnya ialah sebagai fungsi caching, maksudnya ialah proxy ini juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun juga permintaan akses user. Contohnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat apabila sudah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi dari proxy yakni sebagai chacing.

3.Proxy bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server.

4.perbedaan transparent proxy dan non transparent proxy

·            Transparent proxy adalah  sebuah metode dimana client yang ada dalam jaringan, tidak perlu melakukan konfigurasi (transparent) untuk bisa mengakses/ terhubung/ dikenakan aturan dari proxy server tersebut, akan tetapi proxy server yang langsung melakukan broadcast terhadap siapapun yang telah memiliki akses ke internet untuk ‘dipaksa’ melewati proxy server terlebih dahulu. Misal, hampir setiap proxy server mempunyai port sendiri yang dapat kita atur sendiri. Tentunya setiap client yang terhubung ke proxy server harus melakukan konfigurasi port di mesin client itu sendiri. Pasti akan terasa repot jika jumlah client-nya sangant banyak. Maka dari itu transparent yang akan melakukannya secara otomatis, dimana port 80 (port standar www) akan secara otomatis di-redirect ke port transparent proxy tadi.
·            Non-transparent proxy, bedanya dengan transparent proxy adalah, jika transparent proxy akan melakukan konfigurasi port secara otamatis, sedangakan non-transparent proxy mengharuskan client proxy untuk melakukan konfigurasi port secara manual dengan mengarahkan ke proxy server tersebut.
5.Proxy merupakan komputer server yang bertindak sebagai perantara antara komputer yang kamu gunakan dengan internet. Tidak seperti VPN, proxy server tidak selalu melakukan enkripsi data yang dikirim maupun diterima komputer melalui jaringan internet, inilah mengapa akses proxy sedikit lebih cepat dibandingkan akses VPN karena tidak melakukan enkripsi.
6.kelebihan:
1.      Keamanan jaringan terjaga. Karena proxy sebagaipembatasantarajaringan local dan jaringanluar.
2.      Pengaksesan situs menjadi lebih cepat karena system caching/chace.
3.      Terdapat fasilitas filtering.
Kekurangan:
1.      Pengaksesan situs yang belum pernah dibuka menjadi lebih lambat karena client harus Memintater lebih dahulu kepada proxy.

2.      Bila proxy server terlambat mengupdatechace maka client akan mendapatkan conten yang belum update ketika melakukan request data.

7.Kegunaan Web Proxy
  1. Menyembunyikan alamat IP komputer
  2. Mengakses situs yang diblokir oleh ISP
  3. Memblokir akses ke situs sensitif atau berbahaya
  4. Menyaring cookies yang tidak diinginkan
  5. Meningkatkan keamanan dan privacy pengguna internet
8. Transparent Proxy
Jenis ini memberikan informasi ke website bahwa koneksi menggunakan proxy server dan tetap akan meneruskan informasi IP Anda.

 Anonymous Proxy
Jenis ini akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tapi tidak mengirimkan/meneruskan alamat IP asli yang Anda gunakan.

 Distorting Proxy
Jenis proxy ini akan memberikan alamat IP yang berbeda dari yang Anda gunakan, tapi tetap mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server.

High Anonymity Proxy
Jenis yang terakhir ini adalah jenis proxy yang menyembunyikan identitas proxy server dan alamat IP yang digunakan oleh pengguna. Website hanya akan melihat alamat IP acak yang menghubungkannya, bukan alamat IP milik Anda.

9.Untuk mengontrol penggunaan internet karyawan dan anak-anak: Sebagian besar organisasi tidak ingin Anda melihat situs web tertentu pada waktu perusahaan dan mereka dapat mengonfigurasi proxy server untuk menolak akses ke situs tertentu, alih-alih mengarahkan Anda dengan catatan bagus yang meminta Anda untuk tidak melihat situs tersebut di jaringan perusahaan.
Penghematan bandwidth dan kecepatan yang ditingkatkan: Organisasi juga bisa mendapatkan kinerja jaringan yang lebih baik secara keseluruhan dengan proxy server yang baik.
Manfaat privasi: Beberapa proxy server akan mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya yang berisi permintaan web. Ini berarti server tujuan tidak tahu siapa yang sebenarnya membuat permintaan asli, yang membantu menjaga informasi pribadi, dan kebiasaan menjelajah Anda lebih pribadi.
Keamanan yang ditingkatkan: Anda dapat mengonfigurasi proxy server Anda untuk mengenkripsi permintaan web Anda agar tidak mengintip dari membaca transaksi Anda. Anda juga dapat mencegah situs malware yang dikenal dari akses apa pun melalui proxy server. Selain itu, organisasi dapat memasangkan proxy server mereka dengan Virtual Private Network (VPN) sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy perusahaan.
Mendapatkan akses ke sumber daya yang diblokir: Proxy server memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah. Beberapa pemerintah di seluruh dunia secara ketat memonitor dan membatasi akses ke internet, dan proxy server menawarkan warga mereka akses ke internet tanpa sensor.

10.server proxy ini juga memiliki manfaat untuk user seperti dibawah ini :

Menghemat Bandwidth

Proxy server juga bisa dimanfaatkan untuk dapat menghemat penggunaan bandwith dari koneksi internet user disebabkan karena adanya suatu proses caching yang menyimpan cookies dari situs-situs yang pernah dikunjungi.

Meningkatkan Kinerja Internet

Proxy server juga dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan internet user disebabkan karena adanya penghematan bandwith.

Memblokir Situs Tertentu

Proxy server ini juga dapat dengan secara otomatis memblokir situs-situs yang mengandung sara atau juga situs yang tidak diinginkan dengan adanya fitur filtering. Sehingga dengan manfaat ini dapat menghindari karyawan untuk membuka situs-situs terlarang dengan melalui jaringan internet lokal perusahaan.

Keamanan Jaringan Komputer

Proxy server ini dapat meningkatkan keamanan komputer dari serangan virus serta jugagangguan malware.Walaupun proxy bermanfaat besar bagi keamanan jaringan komputer tetapi masih terdapat kekurangan penggunaan proxy. Salah satunya ialah sering terjadi kesalahpahaman terhadap sebuah situs yang dianggap harus diblokir oleh server sehingga perlu untuk dilakukan pembukaan blokir itu dengan secara manual.

Akses Internet Lebih Cepat

Proxy server ini juga dapat meningkatkan kinerja internet. Oleh karena itu maka akses internet juga akan menjadi lebih cepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TENTANG PROXY SERVER

LATIHAN SOAL TLJ