LATIHAN SOAL TLJ

LATIHAN SOAL TLJ
SOAL
1.Uraiakan yg anda ketahui tentang jenis-jenis bandwidth!
2.Tuliskan yang anda ketahui tentang faktor -faktor yang memengaruhi bandwidth kebutuhan!
3.Uraikan yang anda ketahui tentang keragaman kebutuhan bandwidth sesuai kebutuhan!
4.Jabarkan yang anda ketahui tentang bandwidth uplink!
5.Tulislah yang anda ketahui tentang kelemahan konsep bandwidth!
6.Tulislah keuntungan yang anda ketahui tentang keuntungan utama dengan sistem PBX!
7.Jabarkan hubungan mendasar antara PBX dengan PABX!
8.Tuliskan tentang perkembangan VOIP di indonesia?
9.Tuliskan hubungan antara VOIP dengan jaringan ip global?
10.Jelaskan PBX server softswitch dengan telepon sip (signaling protocol)?
                                 JAWABAN
1.Bandwidth merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit atau detik yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server serta client dalam waktu tertentu.
Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu
• Bandwidth analog
Bandwidth analog menunjukan perbedaan antara frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dalam rentang satuan frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz), yang bisa memastikan banyaknya informasi yang ditransmisikan dalam waktu tertentu. terkadang, bandwidth analog ini jarang digunakan dalam dunia jaringan.
• Bandwidth digital
Bandwidth digital adalah kapasitas yang menentukan jumlah data digital yang bisa ditransmisikan, baik melalui saluran yang menggunakan kabel atau nirkabel dalam waktu tertentu yang dihitung dalam bit. Bandwidth tipe ini sangat banyak dipakai oleh penyedia jasa internet atau ISP di Indonesia.

2.Beberapa faktor yang memengaruhi bandwidth  adalah:
Piranti jaringan
Tipe data yang ditransfer
Topologi jaringan
Banyaknya pengguna jaringan
Spesifikasi komputer client/user
Spesifikasi komputer server
Induksi listrik dan cuaca
dan alasan-alasan lain.
Dengan memahami konsep-konsep tersebut kita dapat mulai memperhitungkan keperluan kecepatan koneksi internet kita yang sesungguhnya dan pilihan koneksi yang diperlukan. 

3.Keragaman kebutuhan bandwidth sesuai kebutuhan data rate yang didukung oleh koneksi jaringan yang terhubung ke jaringan dengan satuan bit per sekon (bps) atau byte per sekon (Bps). Setelah memastikan besar bandwidth jaringan, kemudian tentukan berapa banyak bandwidth yang digunakan aplikasi dengan Network Analyzer. Network Analyzer berfungsi untuk mendeteksi angka Bps dari aplikasi yang dikirim melintasi jaringan dengan cara mengaktifkan kolom Cumulative Bytes pada Network Analyzer.

4.Uplink  digukaan ketika kita mengirim data lewat jaringan komputer/ internet, data ini bisa berupa text,audio,video,gambar dll. seperti saat kita menulis status ke facebook atau menulis komentar ke blog,unggah gambar ke instagram,kirim foto ke temen, dll. penggunaan uplink tidak begitu besar dibandingkan penggunaan downlink.oleh sebab itu kecepatan uplink tidak pernah ditulis jelas di iklan penjulan layanan Internet.

5.Kelemahan nya adalah Kabel Tembaga, Kabel Coaxial, Kabel Serat optik
• Kabel Tembaga. Beberapa kelemahan dari kabel tembaga adalah rentan terhadap gangguan frekuensi listrik dan radio, tidak dapat mentransmisikan sinyal cahaya, dan kapasitas bandwithnya yang kecil.
•Kabel Coaxial. Beberapa kelemahan dari kabel koaksial adalah sulit dalam instalasinya, sering mengakibatkan masalah dalam koneksi jika kedua ujungnya tidak di ground dengan baik, dan lebih mahal jika dibandingkan dengan kabel tembaga.
•Kabel Serat Optik. Beberapa kelemahan dari kabel serat optik adalah harganya yang mahal termasuk peralatan khusus untuk penyambungannya, serta konstruksinya yang lemah sehingga memerlukan lapisan penguat untuk proteksi.

6.penghematan biaya pada panggilan telepon internal; dan menghindari‘tabrakan’jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan.
•Jauh lebih mudah untuk menginstal & mengkonfigurasi daripada sistem telepon proprietary
•penghematan biaya yang signifikan menggunakan penyedia VOIP
•Terhindar dari ketergantungan vendor/Brand.PBX didasarkan pada standar terbuka SIP.

7.pbx adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaaan,dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di areanya yang lebih luas untuk publik.
sedangkan pabx yaitu prangkat yang berfungsi sebagai pemusatan telepon,dalam suatu lokasi tertentu.

8.teknologi VoIP sebenarnya sudah digunakan sejak beberapa tahun lalu.Untuk komunitas pengguna  atau pengembang  VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna atau pengembang VoIP adalah VoIP Merdeka yang dicetuskan oleh pakar  internet Indonesia, Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan adalah H.323 yang  merupakan teknologi awal VoIP. 
    Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII).  Di tahun 2005, Anton Raharja dan tim dari ICT Center Jakarta  mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Di tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP dikenal sebagai VoIP Raky.
    Kini, pemakaian VoIP sudah semakin luas. Namun, pemanfaatannya masih menimbulkan pro dan kontra. Tentu kita bertanya mengapa memberikan layanan yang lebih murah dari Telkom dianggap sebagai sebuah hal yang tabu. Padahal, Telkom tidak lagi memonopoli pasar penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia. Kondisi ini memprihatinkan karena perkembangan teknologi tidak diselaraskan dengan regulasi yang mengaturnya. Pertanyaannya, mengapa pemerintah tidak begitu responsif dalam menanggapi perkembangan teknologi telekomunikasi, khususnya dalam bidang VoIP ini.

9.VoIP (Voice over Internet Protocol) dengan jaringan IP (Internet Protocol) global memiliki kaitan atau hubungan yang erat bukan? Dalam hal ini, perangkat yang digunakan untuk mentransmisikan suara yang berbentuk data digital VoIP menggunakan medium IP, dan akan saling terhubung dengan jaringan IP yang ada di seluruh dunia.  
Dalam komunikasi voip pemakaian melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan voip banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional,karna jaringan bersifat ip global.

10.Secara teknis PBX Server Softswitch berfungsi untuk mengatur lalu lintas komunikasi antar saluran telepon atau perangkat yang terdiri dari telepon bebasis SIP, dimana setiap perangkat telepon tersebut harus terdaftar di PBX Server Softswitch itu sendiri. Sedangkan, telepon SIP merupakan perangkat dengan standar SIP dalam mengatur setiap panggilan telepon. Alih-alih menggunakan jaringan telepon tetap (PSTN) seperti Telkom, telepon SIP membawa seluruh pertukaran suara melalui jaringan berbasis IP yang lebih populer atau kita kenal dengan protokol VoIP (voice over internet protocol).





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TENTANG PROXY SERVER

MAKALAH PROXY SERVER DAN LATIHAN SOAL